komunikasi data dalam jaringan



Komunkasi dalam jaringan
A)     pengertian komunikasi dalam jaringan
Komunikasi  Dalam jaringan adalah serangkaian interkoneksi antara teknologi yang saling berhubungan satu dan lainnya dalam satu atau lebih jaringan komputer
B)      JENIS KOMUNIKASI JARINGAN internet secara global
Komunikasi dalam jaringan sinkron Komunikasi dalam jaringan secara real time menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype, line, facetime, google+ hangout, dll).
Komunikasi dalam jaringan asinkron Komunikasi dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron misalnya aplikasi e-mail, video streaming, dll).
C)      TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
  1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
  2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
  3. Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
  4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
D)     Jenis-jenis jaringan dalam komunikasi jaringan
1)      Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Contoh dari jaringan LAN seperti komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupun antar rumah tetangga yang masih mencakup wilayah LAN.
2)      Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.
3)      Wide Area Network atau WAN, Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.
4)      Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai Jenis Jaringan Komputer beserta Topologi dan Tipe Jaringan yang saling berhubungan satu sama lain.
5)      Wireless (Tanpa Kabel)
Wireless merupakan Jenis Jaringan Komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.


E)      KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
1)      Hardware/perangkat kerasPerangkat yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oelh maunusia. contoh : komputer, headset, microphone, dan perangkat pendukung koneksi internet
2)      Software
Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Software digunakan sebagai perantara antara perangkat keras (hardware) dengan pengguna (brainware).
3)      Brainware
Brainware adalah pengguna software ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan.
Sumber: http://cahyokrisma.wordpress.com/2014/07/21/simulasi-digital/ dan http://wahyurobbi68.blogspot.com/2014/02/komunikasi-dalam-jaringan.html
F)      Proses komunikasi dalam jaringan secara asinkron, kali ini saya memilih layanan E-mail yaitu Google Hangouts saya sebagai contohnya
1)      Siapkan browser di komputer  (mozila firefox, google chrome, internet explorer, dll)
2)      Ketikan pada address bar browser anda, untuk Gmail ketik “mail.google.com”
3)      Ketikan Username dan password anda *kalo belum punya akun Gmail daftar dulu gan J
4)      Ini adalah tampilan Google Hangouts saya
·         Yang saya beri lingkaran warna merah adalah tam pilan chating saya  dengan akun bernama “Nabilah Ratna Ayu Azalia”  yang kalian kenal sebagai  Nabilah JKT48 *walaupun ga di bales L
·         Yang saya beri warna hijau adalah alamat URL  e-mail yang kita ketik tadi
·         Yang saya beri warna ungu adalah panel pada e-mail untuk mengakses layanan Google hangouts anda
















                                                                           Selamat mencoba gais J
                                                                               Ohayu minna-san

Komentar

Postingan Populer