bentuk ancaman keamanan jaringan




Aryo seto puguh dhumadi
XII TKJ/5
Bentuk ancaman keamanan jaringan
JENIS ANCAMAN
1.       PROBE
2.       SCAN
3.       ACCOUNT PROMISE
4.       PACKET SNIFER
5.       HACKING
6.       DENIAL OF SERVICE
7.       MALICIOUS CODE
8.       SOCIAL ENGINEERING
9.       PHISING
10.   DEFACE
11.   CARDING
NO 
JENIS ANCAMAN
PENJELASAN

FISIK
LOGIC
1.        
PROBE

Sebuah probe dapat dikenali dari adanya usaha-usaha yang tidak lazim untuk memperoleh akses ke dalam suatu sistem atau untuk menemukan informasi tentang sistem tersebut. Salah satu contohnya adalah usaha untuk login ke dalam sebuah account yang tidak digunakan.

2.        
SCAN

Scan adalah kegiatan probe dalam jumlah yang besar dengan menggunakan tool secara otomatis. Tool tersebut secara otomatis dapat mengetahui port-port yang terbuka pada host lokal maupun host remote, IP address yang aktif, bahkan bisa untuk mengetahui sistem operasi yang digunakan pada host yang dituju.




3.        
ACCOUNT PROMISE

Account compromise adalah penggunaan account sebuah komputer secara ilegal oleh seseorang yang bukan pemilik acoount tersebut. Account compromise dapat mengakibatkan korban mengalami kehilangan atau kerusakan data. Sebuah insiden account compromise dapat berakibat lebih lanjut, yaitu terjadinya insiden root compromise.





4.        
PACKET
SNIFFER

Packet Sniffer adalah suatu device, baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang digunakan untuk memperoleh informasi yang melewati jaringan komputer. Kegunaan dari packet sniffer adalah membuat NIC (Network Interface Card), contohnya Ethernet, dalam mode promiscuous sehingga dapat menangkap semua traffic dalam jaringan.

5.        
HACKING

Hacking adalah tindakan memperoleh akses ke komputer atau jaringan komputer untuk
mendapatkan atau mengubah informasi tanpa otorisasi yang sah

6.        
DENIAL
OF
SERVICE
(DoS)

Denial of Service (DoS) merupakan serangan dimana suatu pihak mengekploitasi aspek dari suite Internet Protocol untuk menghalangi akses pihak yang berhak atas informasi atau sistem yang diserang.





7.        
MALICIOUS CODE

Malicious code bisa berupa virus, trojan atau worm, biasanya berupa kode instruksi yang akan memberatkan sistem sehingga performansi sistem menurun

8.        
SOCIAL ENGINEERING

Sekumpulan teknik untuk memanipulasi orang sehingga orang tersebut membocorkan informasi rahasia.


9.        
PHISING

Tindakan pemalsuan terhadap data / identitas resmi yang dilakukan untuk hal yang berkaitan dengan pemanfaatannya. Phising diawali dengan mencuri informasi personal
melalui Internet.

10.    
DEFACE

perubahan terhadap tampilan suatu website secara illegal

11.    
CARDING

pencurian data terhadap identitas perbankan seseorang, misalnya pencurian nomor kartu kredit, digunakan untuk memanfaatkan saldo yang terdapat pada rekening tersebut untuk keperluan belanja online.




Komentar

Postingan Populer